STRATEGI SENTRA E-COMMERCE INKLUSIVE TERHADAP UMKM SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI DAN PENGETASAN KEMISKINAN
Kata Kunci:
E-Commerce Inklusive, UMKM, Pemberdayaan EkonomiAbstrak
E-commerce dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi perusahaan dalam menemukan pelanggan dan pemasok di pasar yang sebelumnya sulit dijangkau, baik secara internasional maupun regional. Perdagangan di berbagai tempat menjadi global karena semakin luasnya penggunaan Internet. Perdagangan online bisa memungkinkan UMKM bersaing lebih baik di pasar mereka dan bahkan dapat menjadi keharusan untuk bertahan hidup dalam beberapa situasi. Penulisan ini, bertujuan untuk mengurai tentang strategi e-commerce inclusive terhadap perkembangan UMKM ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan eksplanatori. Penelitian deskriptif, meneliti masalah-masalah dalam masyarakat dan prosedur hubungan, kegiatan, dan efek dari proses dan fenomena yang sedang berlangsung. Analisis deskriptif kualitatif memberikan gambaran dan analisis tentang fakta, keadaan, dan fenomena yang terjadi.Penelitian ini didasarkan pada penelusuran literatur dan review hasil penelitian, legislasi, dan studi literatur dari buku, surat kabar, artikel di website, dan dokumen yang terkait dengan sentra e-commerce UMKM. e-commerce berperan penting dalam pembangunan UMKM di Indonesia. Beberapa masalah yang ditemui adalah Konektivitas Internet, penjelasan persediaan; manajemen keuangan; dan pengiriman barang kepada pelanggan. Memulai bisnis e-commerce di UMKM memang tidak mudah, karena UMKM memiliki karakteristik yang unik dibanding bisnis lainnya. Maka, penting untuk memperhatikan beberapa hal saat mengembangkan UMKM e-commerce. Kunci sukses dalam pengembangan UMKM e-commerce adalah adanya regulasi yang sesuai, keterampilan yang baik, infrastruktur yang memadai, dukungan keuangan, dan dukungan pemerintah. Peran pemerintah sangat penting dalam menyediakan fasilitas yang bisa meningkatkan daya saing UMKM. Karena itu, peran penting pemerintah adalah mengadopsi e-commerce untuk UMKM. Tidak hanya memfasilitasi e-commerce, tetapi juga penting untuk menjamin pertumbuhan UMKM dan keuntungan bagi konsumen.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.