Strategi Pengembangan Kualitas Pendidikan (Studi Multisitus di Sekolah Unggulan SDN Pangarangan 1 dan SMPN 1 Sumenep)
Abstrak
Upaya pengembangan menuju sekolah unggulan di Kabupaten Sumenep menghasilkan beberapa prestasi baik di tingkat daerah, regional maupun nasional. Untuk itu, penelitian ini fokus pada strategi, implementasi, serta monitoring dan evaluasi program sekolah unggulan di SDN Pangarangan I dan SMPN I Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus dan metode fenomenologis naturalis. Penelitian ini mengungkap tiga kesimpulan: Pertama, strategi sekolah unggulan dilaksanakan dengan melakukan perencanaan program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Sementara itu, implementasinya adalah melalui agenda mewujudkan tujuan dan sasaran sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan ditentukan oleh beberapa faktor antara lain: (1) perumusan visi, misi dan tujuan sekolah, (2) evaluasi diri sekolah, (3) optimalisasi peranan kepala sekolah, dan (4) peningkatan mutu guru. Kedua, implementasi program Sekolah Unggulan dilakukan dengan menjadi sekolah model atau sekolah rujukan baik sebagai Sekolah Penggerak, Sekolah Ramah Lingkungan, Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Ketiga, proses monitoring dan evaluasi Sekolah Unggulan dilakukan dengan melakukan kontrol terhadap
standarisasi kompentensi guru, pendampingan, dan pengawasan yang dilaksanakan secara rutin oleh kepala sekolah atau wakil kepala sekolah yang membidangi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.