REVITALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH DASAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK
Kata Kunci:
Pendidikan Multikultural, Pendidikan Sekolah Dasar, KarakterAbstrak
Negara Indonesia merupakan Negara kaya akan khasanah budaya, bahasa, etnis, suku, ras, agama, dan lain-lainnya. Negara majemuk besar kemungkinan akan memunculkan meluasnya disintegrasi sosial yang bisa memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Konflik antar suku, agama, ras, dan berbagai golongan sampai saat ini masih marak terjadi. Konflik kekerasan yang bernuansa politik, etnis dan agama seperti yang terjadi di berbagai wilayah. Paradigma inilah yang menyebutkan bahwa dalam lingkaran sosial bangsa Indonesia masih kokoh semangat narsistik egosentrisnya, yang kemudian berujung pada kasus SARA (suku, agama dan ras). Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk menjawab tantangan tersebut adalah melalui proses pembelajaran. Pembelajaran tidak hanya melibatkan komunikasi antara guru dengan siswa akan tetapi bagaimana proses pembelajaran tersebut menjadikan sebagai sarana para siswa untuk membentuk karakter mereka menjadi manusia yang seutuhnya. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjawab berbagai tantangan dan sekaligus memberikan masukan bagamaina menumbuhkan karakter bangsa melalui peran pendidikan multikultural. Artikel ini termasuk dalam jenis penelitian kajian kepustakaan dengan menggunakan analisis deskriptif dengan menganalisis data-data yang diperoleh dari studi literatur terhadap jurnal, buku, maupun dokumen lain. Adapun hasil kajian kepustakaan menghasilkan proses dan implementasi pendidikan mutikultural di sekolah khususnya di Sekolah Dasar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.