PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK OLAHAN DAUN KELOR CV. NURUL JANNAH, KABUPATEN SUMENEP

Penulis

  • Vita Kurnia Utami Institut Sains dan Teknologi Annuqayah
  • Ach. Haris Abdi Manaf Institut Sains dan Teknologi Annuqayah
  • Robi’atul Andawiyah Institut Sains dan Teknologi Annuqayah

Kata Kunci:

bauran pemasaran, keputusan pembelian, loyalitas konsumen, kelor

Abstrak

Sumenep adalah sebuah Kabupaten sebagai sentra produksi tanaman kelor dan terdapat juga suatu badan usaha yang mengolah kelor. Tanaman kelor ini memiliki banyak peminat diberbagai kalangan selain dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai olahan sayur juga dapat diolah menjadi kapsul kelor, snack kelor dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan strategi pemasaran produk olahan daun kelor yang dilakukan oleh CV. Nurul Jannah, (2) Mengetahui strategi pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen produk olahan daun kelor, (3) Mengetahui strategi pemasaran secara tidak langsung berpengaruh melalui keputusan pembelian terhadap loyalitas konsumen. bahwa untuk Product, Price, Place, dan Promotion berdasarkan uji F, Parsial (µ1 = µ2) maupun pengaruh secara langsung dan tidak langsung berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian yaitu sebesar 70.6%, 2). Hasil pengujian diketahui bahwa untuk variabel Product, Promotion dan Keputusan Pembelian berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Konsumen yaitu sebesar 60.7%. 3) Hasil akhir, semua hubungan antara Product, Price, Place, dan Promotion secara tidak langsung melalui Keputusan Pembelian terhadap variabel Loyalitas Konsumen mempunyai hubungan signifikan, sebab seluruh probabilitas variabel tersebut < 0.05.

 

Kata kunci: bauran pemasaran, keputusan pembelian, loyalitas konsumen, kelor

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-06

Terbitan

Bagian

Artikel