STRATEGI KEPEMIMPINAN YAYASAN MENGEMBANGKAN SEKOLAH DASAR NURUL MANNAN DI BANJAR BARAT GAPURA SUMENEP
Kata Kunci:
Integrasi Agama dan Sains, Strategi Kepemimpinan, Pengembangan SekolahAbstrak
Penelitian mempunyai tujuan untuk menggambarkan peran Yayasan Nurul Mannan mengembangkan sekolah di SD Ma’arif Nurul Mannan Dan Mendiiskripsikan dan mengalisis strategi kepemimpinan Yayasan Nurul Mannan Pengembangan Sekolah di SD Ma’arif Nurul Mannan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rangcangan studi multi kasus, dengan metode fenomenologis naturalis. Kehadiran peneliti sejak 2021 dilakukan secara intensif. Sumber data manusia dan bukan manusia digali dengan observasi lapangan, Wawancara mendalam dan dukumentasi. Analisis data menggunakan teori Mile Huberman saldana melalui tiga tahap yaitu Kondensasi data (Pengembunan), Penayajian data, dan Penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data yang diperoleh dilakukan dengan meununjukkan derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Peran kepemimpinan yayasan Nurul Manann dalam mengembangkan sekolah di SD Ma’arif Nurul Mannan yaitu sebagai komunikator antar jaringan stake holder, juga sebagai pengambil kebijakan strategis dalam pengembangan pendidikan dalam naungan yayasan Nurul Mannan Banjar Barat.
Disamping itu, strategi kepemimpinan Yayasan Nurul Mannan dalam mengembangkan Sekolah di SD Ma’arif Nurul Mannan dengan menggunakan langkah langkah strategis dan taktis. Dimana langkah–langkah tersebut mempunyai konsekwensi logis terhadap pengembangan sekolah dasar Ma’arif Nurul Mannan dengan terukur dan dapat evaluasi dengan baik. Strategi pengembangan sekolah dasar di Sumenep dengan mengintegarsikan kurikulum agama dan sains.
Kata Kunci : Integrasi Agama dan sains, Strategi Kepemimpinan, Pengembangan Sekolah.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ahmad Shiddiq
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.