PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA ABK DALAM MENGATASI KESULITAN MENGENAL HURUF DI SLB DHARMA WANITA SUMENEP

Penulis

  • Tri Sukitman STKIP PGRI Sumenep
  • Nafisah Afra Nada STKIP PGRI Sumenep

Kata Kunci:

Pendampingan Belajar, Siswa ABK, Kesulitan Mengenal Huruf

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui pendampingan belajar siswa dirumah dalam mengatasi kesulitan mengenal huruf pada anak berkebutuhan khusus di SLB dharma Wanita. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi sumber data primer dalam wawancara adalah orang tua, kepala sekolah, dan guru kelas B SLB Dharma Wanita dan sumber data sekunder guru kelas dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan belajar siswa dengan menggunakan teknik mnemonic. Hasil tersebut menunjukkan adanya perkembangan yang baik sesudah adanya pendampingan dirumah dan siswa mulai bisa mengenal/mengingat huruf. Maka adanya pendampingan belajar dirumah untuk mengatasi kesulitan mengenal huruf ada perkembangan yang signifikan dalam mengenal dan mengingat huruf pada siswa ABK di SLB Dharna Wanita.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Artikel