Model Pelayanan Publik Berbasis Kecamatan di Kabupaten Sumenep
Kata Kunci:
Layanan Publik, Dukcapil, Puskesmas, PerizinanAbstrak
Artikel ini dihasilkan dari Penelitian yang dilaksanakan dalam rangka mengetahui penyelenggaraan pelayanan publik di lembaga Pemerintahan Kecamatan Ganding Sumenep, dan secara spesifik penelitian akan dilakukan di tiga bidang layanan, yaitu bidang pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas), bidang pelayanan kependudukan UPTD Dukcapil, serta bidang layanan perizinan
pemerintah Kecamatan Ganding Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam kategori penelitian
fenomenologis. Subyek penelitian ini antara lain: 1) Kepala Kecamatan Ganding, 2) Ketua Puskesmas, 3) Pelaksana Pelayanan Kesehatan, 4) Ketua Bagian Pelayanan Kependudukan, 5) Pelaksana Pelayanan Kepenudukan, dan 6) Ketua Bagian Pelayanan
Perizinan, 7) Pelaksana Layanan Perizinan, 8) Warga Kecamatan Ganding yang sedang atau pernah mendapat salah satu atau beberapa layanan dari beberapa bidang layanan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini terdapat tiga cara, yaitu dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan tiga metode, yaitu pengumpulan data, Reduksi
data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Alhasil, model penyelenggaraan pelayan di UPTD Dukcapil, Puskesmas dan bidang layanan perizinan Kecamatan Ganding, pada masing-masing bidang layanan tersebut terdapat konsep atau metode pelayanan yang dipraktikkan oleh semua petugas layanan sebagai bentuk upaya penyelenggaraan pelayanan yang berkualitas dan memberikan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap masyarakat. Penyelenggaraan pelayanan di UPTD Dukcapil, Puskesmas dan Perizinan di
Kecamatan Ganding sudah dilaksanakan dengan cukup efektif.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.