Peningkatan Mutu dan Layanan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 melalui AssesmentVisitasi Akreditasi Berbasis Online Pada Sekolah di Kabupaten Sumenep

Penulis

  • Moh. Wardi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan

Kata Kunci:

Peningkatan Mutu, Layanan Pendidikan, Covid-19, Akreditasi

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian yang memfokuskan pada kajian terhadap tiga hal. Pertama, mendekripsikan upaya peningkatan mutu lembaga pendidikan pada masa pandemi covid-19. Kedua, mendeskripsikan layanan lembaga pendidikan di Kabupaten Sumenep pada masa pandemi covid-19. Ketiga, mendeskripsikan relevansi assesment visitasi akreditasi berbasis online dalam
peningkatan mutu lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Sumenep. Dalam prosesnya, penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan beberapa metode, seperti metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini; Pertama, peningkatan mutu pendidikan
pada masa pandemi covid-19 di lembaga-lembaga pendidikan senantiasa diupayakan untuk melengkapi ketersediaan dan kesanggupan lembaga dalam memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) dengan updating pengembangan kurikulum yang senantiasa mengikuti perubahan zaman serta kondisi terkini. Kedua, inovasi pembelajaran yang dilakukan pihak lembaga dalam
rangka transfer of knowledge agar menuntaskan seluruh ataupun sebagian dari materi pembelajaran, walaupun dalam situasi
dan kondisi force majeure seperti saat pandemi ini. Ketiga, relevansi assesment visitasi akreditasi berbasis online dalam peningkatan mutu merupakan ikhtiar lembaga dalam rangka merawat dan meningkatkan mutu pendidikan sesuai Standar Nasional Pendidikan
(SNP), dan akreditasi lembaga menjadi salah satu acuan pihak dinas pendidikan kabupaten sumenep dan kementerian agama kabupaten sumenep dalam pemberian pelayanan terhadap lembaga. 

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-12

Terbitan

Bagian

Artikel