Filsafat Manajemen Pemasaran Syari’ah (Dalam Kajian Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi)

Penulis

  • Faizatul Fitriyah Institut Agama Islam Negeri Madura

Kata Kunci:

Pemasaran, Ontologi , Epistimologi, Aksiologi

Abstrak

Kajian kepustakaan ini berusaha mengeksplorasi filsafat manajemen pemasaran syari’ah dalam kajian ontologi, epistimologi dan aksiologi. Manajemen pemasaran syari’ah berpedoman kepada prinsip-prinsip manajemen secara islami yaitu perilaku, struktur organisasi dan sistem yang berlandaskan kepada al-Qur’an dan as-Sunnah tentunya sesuai dengan prinsip syari’ah. Pemasaran syari’ah dalam kajian ontologi menjelaskan bahwa ajaran islam mengharuskan seorang muslim untuk mengkonsumsi atau menggunakan produk yang toyyib (baik) saja. Produk yang menawarkan mashlahah dan berkah untuk kehidupan tentu jauh lebih baik di bandingkan dengan produk yang dapat mendatangkan keburukan bagi orang yang mengkonsumsi atau menggunakannya. Dimensi produk seperti itulah yang di kaji pada konsep manajemen pemasaran syari’ah. Dalam kajian epistimologi pemasaran syari’ah menjadi tiga level yaitu: islam sebagai sebuah agama atau keyakinan, syari’ah sebagai aturan atau hukum, halal sebagai aspek operasional atau teknis. Konsep kajian aksiologi berbicara nilai-nilai dan etika dari suatu bidang ilmu. Dalam aksiologi  pemasaran syariah ini akan di bahas tentang konsep nilai pelanggan, maqashid syari’ah dan pemasaran, riba dan prinsip pemasaran syari’ah.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-12

Terbitan

Bagian

Artikel